Sabtu, 29 Oktober 2011

Supporting Evidences And Monitoring To Develop School-Based Curriculum For Junior High School Mathematics In Indonesia


By : Drs. Marsigit MA
Reviewed by: Fifi Yuniarti

Kegagalan mempromosikan perubahan pendidikan di Indonesia karena beberapa kendala, antara lain:
a.       Kompleksitas lingkungan pendidikan
b.      Adanya keterbatasan anggaran
c.       Kurangnya sumber daya pendidikan dan fasilitas yang diperlukan dalam pendidikan
d.      Kurangnya pemahaman guru tentang teori-teori praktek mengajar yang baik dan bagaimana menerapkannya
e.       Mengembangkan pendidikan berdasarkan pada sifat ilmu dasar dan pendidikan, serta berdasarkan pada kebutuhan keterampilan untuk dapat bersaing di era global
Menurut Herawati Susilo, penguasaan anak-anak pada konsep matematika dan keterampilan proses matematika masih rendah. Ini disebabkan oleh beberapa hal, antara lain:
a.        Kurangnya kegiatan laboratorium
b.      Kurangnya guru yang memiliki penguasaan pendekatan keterampilan proses sains
c.       Isi dalam matematika dan kurikulum ilmu terlalu padat atau banyak
d.      Kurangnya peralatan laboratorium dan laboran
Pengembangan kurikulum membutuhkan komprehensif dan studi tentang semua aspek yang terlibat secara mendalam. Menurut Marsigit, enam prinsip sebagai panduan antara lain:
a.       Kesempatan belajar matematika untuk semua orang
b.      Kurikulum bukan hanya koleksi materi tetapi harus mencerminkan kegiatan matematika yang koheren
c.       Belajar mengajar matematika membutuhkan teori komprehensif tentang kegiatan siswa
d.      Memberi kesempatan kepada siswa untuk mengembangkan konsep-konsep matematika
e.       Kebutuhan untuk mengembangkan penilaian dalam proses belajar mengajar
f.       Menggunakan berbagai jenis sumber belajar mengajar
Hasil dari program pemantauan menunjukkan beberapa hal, antara lain:
a.       Sosialisasi kurikulum baru perlu ditingkatkan
b.      Partisipasi guru, kepala sekolah, dan supervisor perlu ditingkatkan
c.       Sumber daya yang mendukung kurikulum baru dikembangkan secara luas
d.      Diperlukan adanya promosi penelitian berbasis kelas untuk para guru sebagai bagian dari kegiatan belajar mengajar matematika
e.       Memerlukan penyebaran konsep-konsep dan teori-teori serta paradigma belajar mengajar matematika
f.       Adanya kendala pelaksanaan kurikulum baru yang meliputi keterbatasan fasilitas pendidikan dan keterbatasan anggaran untuk media

Tidak ada komentar:

Posting Komentar