Jumat, 28 Oktober 2011

Promoting Lesson Study in Indonesia: A Case of Primary and Secondary Mathematics and Science Teaching


By : Drs. Marsigit MA
Reviewed by: Fifi Yuniarti

Pendekatan Lesson Study tertutup meliputi:
a.       Kerjasama antara siswa dalam belajar
b.      Pengajaran dan pembelajaran kontekstual
c.       Keterampilan dalam hidup
d.      Berbagai macam aktivitas
e.       Proses interaksi yang berorientasi pada kurikulum dan pengembangan silabus
f.       Otonomi guru dan siswa
Penelitian sebelumnya yang dilakukan oleh IMSTEP menunjukkan bahwa untuk mendorong pengembangan guru matematika yang professional, semua pihak dalam sistem pendidikan harus mempertimbangkan promosi dari:
a.       Suasana yang baik untuk belajar dan mengajar
b.      Berbagai metode mengajar dan sumber belajar mengajar
c.       Peluang bagi guru dan siswa untuk melakukan inisiatif mereka
d.      Pembelajaran yang kooperatif
e.       Penelitian kelas sebagai model untuk inovasi dalam pendidikan
f.       Guru berperan untuk mengembangkan kurikulum
g.      Otonomi guru dan sekolah
h.      Manajemen berbasis sekolah
i.        Pembelajaran yang kontekstual
Tujuan kegiatan Lesson Study adalah untuk memberikan kontribusi peningkatan pendidikan matematika dengan mengajar praktek yang baik dari mengajar matematika. Tujuan khusus kegiatan Lesson Study antara lain:
a.       Untuk mengembangkan instrumen dan peralatan untuk proses belajar mengajar
b.      Untuk mengembangkan metode pengajaran dan model untuk proses belajar mengajar
c.       Untuk mengembangkan materi ajar yang digunakan dalam proses belajar mengajar
d.      Untuk mengembangkan evaluasi mengajar dalam proses belajar mengajar
Untuk meningkatkan kualitas matematika dan ilmu pendidikan, pemerintah perlu melakukan beberapa hal antara lain:
a.       Melaksanakan kurikulum yang lebih sederhana dan fleksibel
b.      Mendefinisikan peran guru yaitu guru harus memfasilitasi kebutuhan siswa dalam belajar
c.       Mendefinisikan kembali peran kepala sekolah
d.      Mendefinisikan peran sekolah
e.       Mendefinisikan peran pengawas
f.       Meningkatkan otonomi guru untuk berinovasi mengajar matematika
g.      Mendefinisikan sistem evaluasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar