Sabtu, 29 Oktober 2011

Helping Teacher To Develop Model for Secondary Mathematics Teaching: Action Research of Indonesian Secondary Mathematics Teaching


By : Drs. Marsigit MA, Y.Sato, Sugeng Mardiyono, Eko Sulistyowati, Bardi
Reviewed by: Fifi Yuniarti

Cockroft merekomendasikan mengajar matematika di semua tingkat harus mencakup peluang untuk eksposisi oleh guru, diskusi antara guru dengan siswa dan antara siswa dengan siswa, kerja praktek yang sesuai, pemecahan masalah, dan penerapan matematika dalam kehidupan sehari-hari. Kekuatan metode eksposisi dapat dilihat dari kegunaanya, yaitu antara lain:
a.       Ketika memulai sebuah topik baru di kelas, sebelum bekerja dengan kecepatan yang berbeda mereka telah memisahkan sesuai dengan prestasi mereka
b.      Ketika mengumpulkan ide-ide bersama setelah penyelidikan atau beberapa pekerjaan praktis
c.       Untuk memberi tantangan bagi peserta didik dan agar peserta didik berfikir
d.      Untuk merangsang adanya diskusi atau investigasi
Empat alasan mengapa metode eksposisi banyak dipakai oleh para guru adalah:
a.       Secara matematis dan lengkap masing-masing sebagai pelajaran yang berisi presentasi dan penjelasan matematika yang mengarah ke sebuah kesimpulan
b.      Meningkatkan guru sebagai sumber pengetahuan
c.       Guru mendapatkan kepuasan dari menyajikan silabus lengkap dalam urutan pelajaran
d.      Guru sendiri telah sering berhasil belajar matematika di sekolah dengan cara ini dan mengharapkan murid-muridnya dapat melakukan hal yang sama
Penelitian meliputi beberapa tindakan, antara lain:
a.       Mengidentifikasi dan menganalisis masalah yang timbul dalam proses belajar mengajar matematika
b.      Merancang strategi untuk memecahkan masalah sebagai hasil komunikasi simetris antara peneliti dan guru
c.       Menerapkan dan menguji strategi
d.      Mengevaluasi keefektivan strategi
e.       Mencerminkan hasil
f.       Membuat kesimpulan
g.      Mengulang siklus untuk meningkatkan praktek
h.      Pelaporan penemuan
Dalam proses belajar mengajar matematika, guru dapat melakukan beberapa hal antara lain:
a.       Memfasilitasi berbagai kebutuhan siswa, membimbing siswa, mengembangkan metode diskusi
b.      Mendorong siswa untuk belajar aktif dalam pembelajaran maupun dalam kelompok diskusi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar