Sabtu, 29 Oktober 2011

Developing Mathematics Education in Indonesia


By : Drs. Marsigit MA
Reviewed by: Fifi Yuniarti

Adanya ketidakcocokan antara tujuan pendidikan, kurikulum, dan sistem evaluasi yang dapat diidentifikasi dengan mengikuti:
a.       Meninggalkan penilaian pemeriksaan nasional dengan menilai kemampuan kognitif siswa saja
b.      Streaming di sekolah menengah umum mulai dari kelas 3. Dikatakan bahwa pelaksanaan ini terlambat dan memepertimbangkan perbedaan individu yang tepat
c.       Sistem UMPTN dianggap memicu guru sekolah dasar dan menengah menerapkan berorientasi tujuan daripada berorientasi proses pada pengajaran matematika dan sains
Dalam sistem pelatihan guru matematika dan sains, guru tidak terorganisir, terpadu, dan sistematis baik dari segi isi dan manajemem. Dalam pengajaran matematika dan sains di sekolah, ditemukan bahwa:
a.       Kualifikasi guru matematika dan sains perlu ditingkatkan
b.      Banyak dari guru matematika dan sains tidak mahir dalam matematika dan sains
c.       Tidak ada sistem evaluasi untuk guru
Beberapa manfaat dilaksanakannya kerjasama antara lembaga pendidikan antara lain:
a.       Mendiskusikan dan meningkatkan pelaksanaan kurikulum meliputi pengembangan buku teks, bahan ajar, metodologi pengajaran, dan penilaian
b.      Memperkaya pengalaman para guru matematika dan sains
c.       Meningkatkan kualitas pengajaran dan mengembangkan laboratorium
d.      Memecahkan masalah pengajaran matematika dan sains di sekolah
e.       Merekomendasikan cara-cara untuk meningkatkan pendidikan matematika dan sains
f.       Memenuhi harapan masyarakat apa yang disebut praktek pengajaran matematika dan sains yang baik
Untuk dapat bertukar pengalaman di antara lembaga-lembaga pendidikan dapat dilakukan melalui beberapa cara, antara lain:
a.       Melakukan seminar dan lokakarya
b.      Melakukan kegiatan penelitian bersama
c.       Penerbitan dan menyebarluaskan hasil bertukar pengalaman atau jurnal
d.      Membangun jaringan di antara lembaga atau Negara
Dalam usaha memperbaiki sistem pendidikan, yang harus dipertimbangkan antara lain:
a.       Rata-rata kemampuan guru dan kualitas kelas relatif tinggi
b.      Rasa tanggung jawab guru yang kuat
c.       Lingkungan pendidikan yang homogen untuk seluruh negeri
d.      Mendesain cara pengajaran di kelas yang tepat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar