Jumat, 21 Oktober 2011

Lesson Study: Promoting Student Thinking on the Concept of Least Common Multiple (LCM) Through Realistic Approach in the 4th Grade of Primary Mathematics Teaching


By: Drs. Marsigit MA, Atmini Dhoruri, Sugiman, Ali Mahmudi
Reviewed by: Fifi Yuniarti

Berfikir matematika merupakan kegiatan siswa untuk mengkomunikasikan ide-ide matematika dengan menggunakan simbol-simbol, tabel, diagram, dan sumber lainnya sehingga siswa dapat memecahkan permasalahan matematika. Tujuan dari belajar mengajar matematika antara lain:
1.      Memahami konsep matematika serta menerapkannya untuk memecahkan permasalahan matematika
2.      Mengembangkan keterampilan dalam memecahkan masalah
3.      Mengembangkan keterampilan untuk berfikir matematika
4.      Mengkomunikasikan ide-ide matematika dengan menggunakan simbol-simbol, tabel, diagram, dan sumber lainnya
5.      Mengembangkan matematika dalam kehidupan sehari-hari
Pendekatan realistik dalam pembelajaran matematika adalah situasi dalam dunia nyata atau masalah konteks dalam pembelajaran matematika. Bahasa matematika formal meliputi masalah konteks yang dideskripsikan menggunakan bahasa matematika seperti algoritma yang kemudian dicari penyelesaiannya. Kemudian direfleksikan melalui pengenalan, pengembangan model dan simbol, alasan dan penjelasan, serta penutup.
Beberapa cara dalam menentukan perkalian 7 dan 8. Siswa menemukan hubungan antara kegiatan umum dan perkalian umum, siswa menemukan keteraturan konsep yang membangkitkan konsep kegiatan rutin. Mengubah permasalahan dalam dunia nyata ke dalam permasalahan matematika menggunakan konsep kunci yang mencerminkan bagaimana siswa mengubah permasalahan dalam dunia nyata ke dalam permasalahan matematika misalnya matematika yang menggunakan konsep umum, biasa, rutin, dan jumlah.
Melalui pendekatan realistis, hasilnya menggambarkan bahwa:
1.      Pemikiran siswa tentang konsep LCM lebih banyak menggunakan konsep kehidupan nyata
2.      Pemikiran siswa tentang konsep LCM terkena dampak menggunakan rumus dan strategi siswa itu sendiri
3.      Dalam pemikiran konsep LCM, interaksi guru dengan siswa dan antara siswa dengan siswa merupakan kegiatan yang penting
4.      Pemikiran siswa tentang konsep LCM dipengaruhi oleh konsep-konsep matematika di dalam dunia nyata

Tidak ada komentar:

Posting Komentar