Jumat, 21 Oktober 2011

Promoting Primary and Secondary Mathematical Thinking Through The Series of School-Based Lesson Study Activities


By : Drs. Marsigit MA
Reviewed by: Fifi Yuniarti

Pemikiran matematika terdiri dari sikap terhadap matematika, metode belajar matematika, dan isi dari matematika. Mengajar matematika dapat dianggap sebagai sebuah proses kontruksi matematika siswa. Penemuan adalah langkah-langkah dalam pembelajaran untuk mengkontruksi. Kemudian dieksplorasi oleh kegiatan matematisasi horisontal untuk menemukan masalah matematika. Kemudian menggunakan matematisasi vertikal untuk mengembangkan konsep-konsep matematika.
Berfikir matematika tentang sikap meliputi:
1.      Mencoba memahami masalah sendiri
2.      Mencoba mengambil tindakan logis
3.      Mencoba mengekspresikan hal-hal yang jelas dan ringkas
Berfikir matematika tentang metode matematika meliputi:
1.      Berfikir induktif
2.      Berfikir analogis
3.      Berfikir deduktif
4.      Berfikir integratif
5.      Berfikir membangun
6.      Berfikir abstrak
7.      Berfikir sederhana
8.      Berfikir generalisasi
9.      Berfikir khusus
10.  Berfikir lambing
11.  Berfikir mengekspresikan angka
Berfikir matematika tentang isi matematika meliputi:
1.      Menjelaskan objek yang dipertimbangkan
2.      Fokus pada unsur-unsur antar objek
3.      Mencoba berfikir berdasarkan prinsip-prinsip ekspresi
4.      Menjelaskan makna operasi
5.      Mencoba menggunakan metode operasi
6.      Mencoba memahami gambaran objek
7.      Berfokus pada sifat dasar
8.      Mencoba menghubungkan formula atau rumus matematika
Lesson study dikembangkan melalui:
1.      Merekrut guru
2.      Fokus pada aspek matematika
3.      Perencanaan studi pelajaran
4.      Mempersiapkan pengamatan
5.      Proses pengajaran dan mengamati pelajaran
6.      Merefleksikan hasil

Tidak ada komentar:

Posting Komentar