Sabtu, 17 September 2011

Promoting Lesson Study as One of The Ways for Mathematics Teachers Professional Development in Indonesia: The Reflection on Japanese Good Practice of Mathematics Teaching Through VTR, 2002-2005


By : Drs. Marsigit MA
Reviewed by: Fifi Yuniarti

            Dalam praktek mengajar menggunakan VTR (Video Tape Recorder) dapat meningkatkan kompetensi mengajar para guru serta memotivasi para guru untuk menjadi guru yang profesional. Namun, para guru juga menyadari bahwa untuk dapat melaksankan kegiatan belajar mengajar menggunakan VTR (Video Tape Recorder) terdapat beberapa kendala yang harus mereka atasi.
            VTR (Video Tape Recorder) itu sendiri memiliki beberapa manfaat untuk mengembangkan kegiatan belajar mengajar matematika antara lain terdapat ringkasan pendek yang merupakan permasalahan-permasalahan utama dalam pelajaran, dan kemungkinan untuk melaksanakan diskusi tentang mata pelajaran matematika.
            Di Negara Jepang, praktek mengajar matematika menggunakan VTR (Video Tape Recorder) dilaksanakan dengan metode tugas yang diberikan sesuai dengan minat siswa dan dengan tujuan antara lain, para siswa mengapresiasi formula untuk menemukan daerah dari suatu gambar dan menggunakan formula tersebut untuk menemukan daerah yang lain, para siswa menemukan daerah yang baik berdasarkan dengan ilmu pengetahuan dan pengalaman mereka, para siswa dapat menemukan gambar yang lebih mendasar dengan efisien, dan para siswa mengerti metode-metode untuk menemukan gambar yang masih mendasar.
            Dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar matematika menggunakan model VTR (Video Tape Recorder) juga mengalami beberapa kendala antara lain, para siswa membutuhkan waktu untuk membiasakan diri mereka untuk dapat menyampaikan gagasan-gagasan atau ide-ide yang ada dalam otak mereka, para guru harus menyiapkan rencana pembelajaran yang lebih matang dalam rangka meningkatkan kompetensi profesional mereka serta agar isi pengajaran yang para guru sampaikan kepada siswa lebih sarat makna, para guru harus memberikan fasilitas pendidikan yang maksimal bagi para siswa seperti penggunaan media pembelajaran serta alokasi waktu mengajar yang terkadang tidak sesuai antara target pencapaian belajar dengan materi yang harus diberikan kepada para siswa dalam jangka waktu tertentu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar