Sabtu, 24 September 2011

Developing Teacher Training Textbooks for Lesson Study in Indonesia


By : Drs. Marsigit MA
Reviewed by: Fifi Yuniarti

            Menyediakan buku atau buku adalah salah satu kebijakan sekolah yang dapat meningkatkan kualitas belajar mengajar di sekolah. Namun pada masa sekarang ini, harapan untuk sekolah dapat membuat buku mereka sendiri sangat kecil, karena kurangnya keterampilan menulis para guru dan kurangnya kemampuan menghasilkan buku dengan kualitas yang baik. Latar belakang sosial dan ekonomi yang rendah, sehingga para guru, siswa, dan masyarakat pada umumnya berharap bahwa buku yang diterbitkan oleh pemerintah akan dapat diperoleh dengan harga yang relatif murah atau terjangkau.
            Suatu penelitian menunjukkan, menurut para guru yang tidak memiliki pengalaman kegiatan Lesson Study, bahwa kriteria buku matematika yang baik adalah buku yang dapat dimengerti, bermakna, dan berisi contoh yang baik, menggunakan kalimat yang sederhana, bahasa yang komunikatif dan standar. Buku matematika juga harus bersifat komprehensif dalam hal isi dan juga harus memuat kompetensi siswa yang meliputi kemampuan afektif, kognitif, dan psikomotor. Buku matematika juga harus sistematis, diselesaikan dengan sistem penilaian yang baik, berbasis kurikulum, mengandung pemecahan masalah yang baik, serta dapat mempromosikan pembelajaran yang aktif.
            Menurut para guru yang telah memiliki pengalaman dalam kegiatan Lesson Study, bahwa kriteria buku matematika yang baik adalah buku yang dapat dimengerti, bermakna, dan berisi contoh yang baik, harus berlaku untuk kehidupan sehari-hari, mampu memberikan fasilitas bagi para siswa, harus konstektual, memiliki tampilan yang menarik, murah namun dapat menunjukkan matematika yang berfikir dan kreatif, berbasis kurikulum buku teks, memfasilitasi kegiatan siswa, serta bersifat komprehensif dalam hal isi dan juga harus memuat kompetensi siswa yang meliputi kemampuan afektif, kognitif, dan psikomotor.
            Menurut para guru yang berpengalaman namun belum memiliki pengalaman dalam kegiatan Lesson Study, bahwa kriteria buku matematika yang baik adalah buku yang dapat dimengerti dan bermakna bagi siswa, sederhana, informatif, komunikatif, dan menggunakan bahasa yang standar. Buku matematika harus berbasis kurikulum, relevan, dan berlaku untuk kehidupan sehari-hari.
            Menurut para guru yang berpengalaman dan telah memiliki pengalaman dalam kegiatan Lesson Study, bahwa kriteria buku matematika yang baik adalah buku yang dapat dimengerti dan bermakna bagi siswa, relevan, dan berlaku untuk kehidupan sehari-hari. Buku matematika yang baik juga harus dapat menunjukkan proses belajar mengajar yang kooperatif, bersifat komprehensif dalam hal isi dan juga harus memuat kompetensi siswa yang meliputi kemampuan afektif, kognitif, dan psikomotor. Buku matematika yang baik juga harus menunjukkan adanya keterlibatan dan partisipasi siswa, serta memfasilitasi berbagai kebutuhan siswa.
            Untuk dapat mengembangkan buku pelajaran dengan baik, diperlukan beberapa langkah yang dapat dilaksanakan bagi para guru. Beberapa langkah untuk dapat mengembangkan buku pelajaran dengan baik tersebut antara lain, mendapatkan ide, menyiapkan rencana informal, mencoba penulisan pertama, dan melanjutkan draf.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar