By : Drs.
Marsigit MA
Reviewed
by: Fifi Yuniarti
Pemikiran
matematika terdiri dari sikap terhadap matematika, metode belajar matematika,
dan isi dari matematika. Mengajar matematika dapat dianggap sebagai sebuah
proses kontruksi matematika siswa. Penemuan adalah langkah-langkah dalam
pembelajaran untuk mengkontruksi. Kemudian dieksplorasi oleh kegiatan matematisasi
horisontal untuk menemukan masalah matematika. Kemudian menggunakan
matematisasi vertikal untuk mengembangkan konsep-konsep matematika.
Berfikir
matematika tentang sikap meliputi:
1. Mencoba
memahami masalah sendiri
2. Mencoba
mengambil tindakan logis
3. Mencoba
mengekspresikan hal-hal yang jelas dan ringkas
Berfikir matematika tentang metode
matematika meliputi:
1. Berfikir
induktif
2. Berfikir
analogis
3. Berfikir
deduktif
4. Berfikir
integratif
5. Berfikir
membangun
6. Berfikir
abstrak
7. Berfikir
sederhana
8. Berfikir
generalisasi
9. Berfikir
khusus
10. Berfikir
lambing
11. Berfikir
mengekspresikan angka
Berfikir matematika tentang isi
matematika meliputi:
1. Menjelaskan
objek yang dipertimbangkan
2. Fokus
pada unsur-unsur antar objek
3. Mencoba
berfikir berdasarkan prinsip-prinsip ekspresi
4. Menjelaskan
makna operasi
5. Mencoba
menggunakan metode operasi
6. Mencoba
memahami gambaran objek
7. Berfokus
pada sifat dasar
8. Mencoba
menghubungkan formula atau rumus matematika
Lesson study dikembangkan melalui:
1. Merekrut
guru
2. Fokus
pada aspek matematika
3. Perencanaan
studi pelajaran
4. Mempersiapkan
pengamatan
5. Proses
pengajaran dan mengamati pelajaran
6. Merefleksikan
hasil
Tidak ada komentar:
Posting Komentar