By : Drs.
Marsigit MA, Mathilda Susanti, Elly Arliani
Reviewed by: Fifi Yuniarti
Tujuan dari
belajar mengajar matematika menurut kurikulum Sekolah Menengah Pertama adalah
untuk memahami konsep matematika, menjelaskan hubungan, serta menerapkan dalam
memecahkan masalah matematika, untuk mengembangkan kemampuan berfikir dalam
belajar pola dan karakteristik matematika, untuk mengembangkan keterampilan
pemecahan masalah, untuk mengkomunikasikan ide-ide matematika dengan
menggunakan simbol, tabel, digram, dan media lainnya, serta untuk mengembangkan
penggunaan matematika dalam kehidupan sehari-hari.
Berfikir
matematika memiliki peranan penting dalam memberikan kemampuan dalam memecahkan
masalah. Oleh karena itu, budidaya berfikir matematika harus menjadi tujuan dalam
pembelajaran matematika. Langkah yang dirancang untuk menumbuhkan berfikir
matematika meliputi, masalah pembentukan dan pemahaman, membangun suatu
perspektif, dan memberikan solusi pelaksana.
Misal dalam
memahami karakteristik silinder lingkaran tegak. Dalam masalah pembentukan dan
pemahaman, guru membiarkan siswa mengamati model tertentu dari silinder
lingkaran tegak, guru membiarkan siswa mengidentifikasi komponen-komponen dari
silinder lingkaran tegak, guru membiarkan siswa mendefinisikan konsep silinder
lingkaran tegak, dan guru mendorong proses demonstrasi siswa. Masalah
pembentukan dan pemahaman akan muncul ketika siswa mengamati model tertentu
dari silinder lingkaran tegak, mengidentifikasi komponen-komponen dari silinder
lingkaran tegak, dan mendefinisikan konsep silinder lingkaran tegak.
Dalam membangun
suatu perspektif, siswa menggunakan model beton untuk mencari luas total
silinder lingkaran tegak, siswa memecah model silinder lingkaran tegak menjadi
komponen-kompenennya yaitu dua lingkaran kongruen dan satu persegi panjang,
siswa belajar bahwa tinggi silinder yang tepat adalah sama dengan lebar persegi
panjang tersebut dan keliling lingkaran sama dengan panjang persegi panjang
tersebut. Membangun suatu perspektif akan muncul ketika siswa menggunakan model
beton untuk mencari luas total silinder lingkaran tegak, belajar bahwa tinggi
silinder sama dengan lebar persegi panjang dan keliling lingkaran sama dengan
panjang persegi panjang, dan ketika memecah model silinder lingkaran tegak
menjadi komponen-komponennya.
Dalam memberi
solusi pelaksana, siswa belajar bahwa daerah lateral silinder adalah sama
dengan luas persegi panjang tersebut, dan siswa mengetahui bahwa total luas
silinder sama dengan luas persegi panjang ditambah dengan luas daerah dua
lingkaran. Solusi pelaksana akan muncul ketika siswa, mencari tahu area lateral
silinder lingkaran tegak, dan mengetahui total luas silinder lingkaran tegak.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar