By : Drs.
Marsigit MA
Reviewed
by: Fifi Yuniarti
Pendekatan Lesson
Study tertutup meliputi:
a. Kerjasama antara siswa dalam belajar
b. Pengajaran dan pembelajaran kontekstual
c. Keterampilan dalam hidup
d. Berbagai macam aktivitas
e. Proses interaksi yang berorientasi pada kurikulum
dan pengembangan silabus
f. Otonomi guru dan siswa
Penelitian sebelumnya yang dilakukan oleh IMSTEP
menunjukkan bahwa untuk mendorong pengembangan guru matematika yang professional,
semua pihak dalam sistem pendidikan harus mempertimbangkan promosi dari:
a. Suasana yang baik untuk belajar dan mengajar
b. Berbagai metode mengajar dan sumber belajar mengajar
c. Peluang bagi guru dan siswa untuk melakukan
inisiatif mereka
d. Pembelajaran yang kooperatif
e. Penelitian kelas sebagai model untuk inovasi dalam
pendidikan
f. Guru berperan untuk mengembangkan kurikulum
g. Otonomi guru dan sekolah
h. Manajemen berbasis sekolah
i.
Pembelajaran yang
kontekstual
Tujuan kegiatan Lesson Study adalah untuk memberikan
kontribusi peningkatan pendidikan matematika dengan mengajar praktek yang baik
dari mengajar matematika. Tujuan khusus kegiatan Lesson Study antara lain:
a. Untuk mengembangkan instrumen dan peralatan untuk
proses belajar mengajar
b. Untuk mengembangkan metode pengajaran dan model
untuk proses belajar mengajar
c. Untuk mengembangkan materi ajar yang digunakan dalam
proses belajar mengajar
d. Untuk mengembangkan evaluasi mengajar dalam proses
belajar mengajar
Untuk meningkatkan kualitas matematika dan ilmu
pendidikan, pemerintah perlu melakukan beberapa hal antara lain:
a. Melaksanakan kurikulum yang lebih sederhana dan
fleksibel
b. Mendefinisikan peran guru yaitu guru harus
memfasilitasi kebutuhan siswa dalam belajar
c. Mendefinisikan kembali peran kepala sekolah
d. Mendefinisikan peran sekolah
e. Mendefinisikan peran pengawas
f. Meningkatkan otonomi guru untuk berinovasi mengajar
matematika
g. Mendefinisikan sistem evaluasi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar