By : Drs.
Marsigit MA
Reviewed
by: Fifi Yuniarti
Adanya ketidakcocokan
antara tujuan pendidikan, kurikulum, dan sistem evaluasi yang dapat
diidentifikasi dengan mengikuti:
a. Meninggalkan
penilaian pemeriksaan nasional dengan menilai kemampuan kognitif siswa saja
b. Streaming
di sekolah menengah umum mulai dari kelas 3. Dikatakan bahwa pelaksanaan ini
terlambat dan memepertimbangkan perbedaan individu yang tepat
c. Sistem
UMPTN dianggap memicu guru sekolah dasar dan menengah menerapkan berorientasi
tujuan daripada berorientasi proses pada pengajaran matematika dan sains
Dalam sistem pelatihan guru matematika
dan sains, guru tidak terorganisir, terpadu, dan sistematis baik dari segi isi
dan manajemem. Dalam pengajaran matematika dan sains di sekolah, ditemukan
bahwa:
a. Kualifikasi
guru matematika dan sains perlu ditingkatkan
b. Banyak
dari guru matematika dan sains tidak mahir dalam matematika dan sains
c. Tidak
ada sistem evaluasi untuk guru
Beberapa manfaat dilaksanakannya
kerjasama antara lembaga pendidikan antara lain:
a. Mendiskusikan
dan meningkatkan pelaksanaan kurikulum meliputi pengembangan buku teks, bahan
ajar, metodologi pengajaran, dan penilaian
b. Memperkaya
pengalaman para guru matematika dan sains
c. Meningkatkan
kualitas pengajaran dan mengembangkan laboratorium
d. Memecahkan
masalah pengajaran matematika dan sains di sekolah
e. Merekomendasikan
cara-cara untuk meningkatkan pendidikan matematika dan sains
f. Memenuhi
harapan masyarakat apa yang disebut praktek pengajaran matematika dan sains
yang baik
Untuk dapat bertukar pengalaman di
antara lembaga-lembaga pendidikan dapat dilakukan melalui beberapa cara, antara
lain:
a. Melakukan
seminar dan lokakarya
b. Melakukan
kegiatan penelitian bersama
c. Penerbitan
dan menyebarluaskan hasil bertukar pengalaman atau jurnal
d. Membangun
jaringan di antara lembaga atau Negara
Dalam usaha memperbaiki sistem
pendidikan, yang harus dipertimbangkan antara lain:
a. Rata-rata
kemampuan guru dan kualitas kelas relatif tinggi
b. Rasa
tanggung jawab guru yang kuat
c. Lingkungan
pendidikan yang homogen untuk seluruh negeri
d. Mendesain
cara pengajaran di kelas yang tepat
Tidak ada komentar:
Posting Komentar