By : Drs. Marsigit MA
Reviewed
by: Fifi Yuniarti
Tuntutan
pendidikan di Indonesia, bahwa setiap reformasi pendidikan harus menangani
isu-isu:
a. Bagaimana mempromosikan kurikulum interaktif, bukan
kurikulum instrumental
b. Bagaimana mempromosikan pendekatan yang berpusat
pada siswa, bukan pendekatan yang berpusat pada guru
c. Bagaimana mempromosikan inisiatif siswa, bukan
dominasi guru
d. Bagaimana mempromosikan kurikulum yang sederhana dan
fleksibel, bukan kurikulum yang padat dan terstruktur
Kegiatan Lesson Study memberi kesempatan kepada guru
untuk merefleksikan dan mengevaluasi paradigma mereka dalam mengajar dengan
bekerjasama dengan guru-guru yang lain. Pendekatan Lesson Study antara lain:
a. Kerjasama antara siswa dalam belajar
b. Pengajaran dan pembelajaran kontekstual
c. Keterampilan hidup
d. Kegiatan
e. Proses interaktif yang berorientasi pada kurikulum
dan pengembangan silabus
f. Otonomi guru dan siswa
Penelitian oleh IMSTEP menunjukkan bahwa untuk
mendorong pengembangan guru matematika yang profesional, semua pihak dalam
sistem pendidikan harus mempertimbangkan hal-hal antara lain:
a. Suasana untuk belajar dan mengajar yang nyaman
b. Berbagai metode mengajar dan sumber belajar
c. Peluang bagi guru dan siswa untuk melakukan
inisiatif mereka
d. Pembelajaran yang kooperatif
e. Penelitian guru kelas sebagai model untuk inovasi
pendidikan
f. Peran guru dalam mengembangkan kurikulum
g. Manajemen berbasis sekolah
h. Pengajaran yang kontekstual
Tujuan khusus dari kegiatan Lesson Study antara
lain:
a. Mengembangkan instrumen untuk proses belajar
mengajar
b. Mengembangkan metode pengajaran dan model pengajaran
untuk proses pembelajaran
c. Mengembangkan materi mengajar untuk proses belajar
mengajar
d. Mengembangkan evaluasi untuk proses belajar mengajar
Tidak ada komentar:
Posting Komentar