Jumat, 25 November 2011

English for Vocational Education


By : Drs. Marsigit MA
Reviewed by: Fifi Yuniarti

Pendidikan kejuruan memiliki tujuan untuk mempersiapkan peserta didik yang ketika sudah lulus sekolah dapat langsung berkarir atau mencari pekerjaan. Pendidikan kejuruan terkadang disebut sebagai pendidikan teknis, dimana peserta didik mengembangkan keahlian secara langsung dalam kelompok teknik atau teknologi tertentu. Di Indonesia, pendidikan kejuruan dinamakan SMK atau Sekolah Menengah Kejuruan. Dalam rangka untuk memenuhi pasar tenaga kerja terutama di bidang ekonomi untuk meningkatkan keterampilan yang lebih baik, pemerintah Indonesia mendorong dan menginvestasikan pendidikan kejuruan di masa depan melalui organisasi pelatihan.
Komunikasi merupakan dasar dari proses kegiatan belajar mengajar di sekolah. Dalam hal proses belajar mengajar, guru dapat menggunakan Bahasa Inggris dengan tujuan, antara lain:
a.       Untuk menyelesaikan tugas mengajar
b.      Untuk memperkenalkan dan belajar teknologi
c.       Untuk mendorong siswa untuk mengkomunikasikan hasil-hasil belajar mereka
d.      Untuk mencapai tujuan belajar
e.       Untuk mengembangkan sumber belajar
Beberapa hal yang harus dilakukan ketika Bahasa Inggris digunakan sebagai bahasa dalam proses belajar mengajar, antara lain:
a.       Mengembangkan kurikulum dalam bahasa Inggris
b.      Mengembangkan silabus dalam bahasa Inggris
c.       Mengembangkan isi pembelajaran dalam bahasa Inggris
d.      Mengembangkan rencana pembelajaran dalam bahasa Inggris
e.       Mengembangkan lembar kerja siswa dalam bahasa Inggris
f.       Mengembangkan sistem penilaian dalam bahasa Inggris
g.      Melakukan komunikasi di kelas dalam bahasa Inggris
h.      Melakukan berbagai interaksi dalam bahasa Inggris
i.        Menggunakan berbagai metode mengajar dalam bahasa Inggris
j.        Menggunakan berbagai media pembelajaran dalam bahasa Inggris
k.      Memfasilitasi belajar siswa dalam bahasa Inggris
l.        Membagi siswa di kelas dalam kelompok diskusi kecil dalam bahasa Inggris
m.    Mempresentasikan hasil diskusi menggunakan bahasa Inggris
Tujuan adanya pendidikan kejuruan dengan menggunakan bahasa Inggris, antara lain:
a.       Siswa diharapkan dapat berinteraksi dengan siswa lain dengan menggunakan bahasa Inggris
b.      Siswa diberi kesempatan untuk mengembangkan isi pembelajaran menggunakan bahasa Inggris
c.       Mendorong siswa untuk membiasakan berbicara dalam bahasa Inggris
d.      Guru dapat mengembangkan media dan alat bantu pembelajaran menggunakan bahasa Inggris

Philosophical and Theoretical Ground Of Mathematics Education


By : Drs. Marsigit MA
Reviewed by: Fifi Yuniarti

Dalam studi tentang filsafat pendidikan matematika dapat menyebabkan kesimpulan bahwa posisi filosofis secara signifikan berbeda dengan implikasi pendidikan. Konsep untuk belajar dan mengajar matematika antara lain tujuan dan sasaran, silabus, buku teks, kurikulum, metodologi pengajaran, teori pembelajaran, penelitian pendidikan matematika, konsep guru matematika mengajar matematika, dan persepsi siswa terhadap pembelajaran matematika.
Filsafat pendidikan matematika meliputi review dari beberapa masalah sentral pendidikan matematika yaitu ideologi, fondasi, dan tujuannya. Serta wawasan tentang sifat dari beberapa aspek, antara lain sifat matematika, nilai matematika, sifat siswa, sifat pembelajaran, sifat pengajaran matematika, sifat sumber belajar mengajar, sifat penilaian, sifat sekolah matematika, dan sifat siswa dalam belajar matematika.
Ideologi pendidikan matematika adalah suatu sistem bagaimana matematika itu diimplementasikan. Perbedaan ideologi pendidikan matematika dengan filsafat matematika adalah bagaimana ideologi pendidikan matematika dapat mengembangkan dan mengelola pengetahuan, pengajaran, dan pembelajaran di sekolah. Menurut Cochran-Smith dan Fries bahwa ideologi sebagai fondasi proses reformasi memang sangat mirip. Namun pada saat yang sama, sebuah studi tentang bagaimana ideologi-ideologi tersebut telah disesuaikan, oleh siapa, dan bagaimana telah mengungkapkan perbedaan adalah sangat penting.
Ebbutt dan Straker mengusulkan matematika sekolah untuk didefinisikan dan diimplikasikan sebagai berikut:
a.       Matematika adalah mencari pola dan hubungan
b.      Matematika adalah aktivitas kreatif yang melibatkan imajinasi, intuisi, dan penemuan
c.       Matematika adalah cara pemecahan masalah
d.      Matematika adalah sarana untuk mengkomunikasikan informasi atau ide-ide
Ernest menyarankan bahwa pembelajaran harus aktif dan bervariasi, maka tiga komponen utama dalam sumber belajar adalah:
a.       Penyediaan berbagai sumber belajar praktis untuk memfasilitasi pendekatan pengajaran yang bervariasi dan aktif
b.      Penyediaan bahan otentik, seperti surat kabar, statistik resmi, dan sebagainya selama studi sosial yang relevan dan terlibat secara sosial
c.       Fasilitas untuk mengontrol siswa belajar mandiri dan akses ke sumber belajar
Fullan menyediakan delapan pelajaran baru tentang perubahan pendidikan, antara lain:
a.       Tujuan moral pendidikan
b.      Teori pendidikan
c.       Konflik dan keragaman siswa
d.      Memahami makna operasi
e.       Kecerdasan emosional
f.       Budaya kolaboratif
g.      Inkoherensi keterhubungan dan penciptaan pengetahuan
h.      Tidak ada solusi tunggal

Pengembangan Praktik Pengalaman Lapangan Bilingual


By : Drs. Marsigit MA
Reviewed by: Fifi Yuniarti

Background of field experience bilingual practice development, among others:
a.       Reflecting the innovative and change vision
b.      In accordance with international and national criteria
c.       In accordance with the essence of education, nature of school science, students learn science
d.      In harmony with the socio-constructivist, cognitive development
e.       Development of science based learning research, lesson study, case studies
Several approaches to learning, among others:
a.       Learning is finding patterns and relationships
b.      Learning is a problem solving activity
c.       Learning is an investigation
d.      Learning is a communication
Some basic problems, among others:
a.       Identify
b.      Critical
c.       Examine
d.      Validate
e.       Reflect
f.       Revitalize
g.      Develop
h.      Recommend
i.        Model or initiation
Some of the alternative instruments for practice teaching and learning activities, among others:
a.       Developing lesson plan
b.      Developing apperception
c.       Developing teaching methods
d.      Developing teaching media or aids
e.       Developing interaction
f.       Developing scheme of competencies achievement
g.      Developing presentation
h.      Developing group discussion
i.        Developing students worksheet
j.        Developing assessment
The problems that exist in the field, among others:
a.       Perceptions of teachers and schools about the activities of PPL
b.      This type of cooperation with schools
c.       Types of programs and activities of PPL
d.      Terms and motivating factors
e.       Linkages with the development lecturer and teacher professional
f.       Position and contribution to national level